Teknik Meminimalisir Penyesalan ala Jeff Bezos

SENIN, 8 MARET, 2021

Teknik Meminimalisir Penyesalan ala Jeff Bezos

Dalam perjalanan hidup, kita sering kali dihadapkan pada pilihan-pilihan yang terkadang membuat bingung dan bimbang. Apalagi jika hal itu menyangkut keputusan besar dalam hal pendidikan, pekerjaan, pertemanan, hingga percintaan.

Bergabung dengan organisasi tertentu semasa kuliah atau tidak? Melanjutkan pendidikan magister setelah sarjana atau menundanya hingga setelah menikah? Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau menjadi seorang wirausahawan full time? Membangun rumah di daerah pedesaan atau perkotaan?

Beberapa pertanyaan di atas merupakan contoh bagaimana seseorang dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Untuk menghadapi itu, ada satu metode yang dipopulerkan Jeff Bezos dengan sebutan Regret Minimization Framework. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana ialah teknik meminimalisir penyesalan.

Perlu diketahui, Jeff Bezos merupakan pendiri situs Amazon.com, situs jual beli buku terbesar dengan skala global. Di balik kisah suksesnya hingga menjadi orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, ia ternyata pernah mengalami kebimbangan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis dan mengembangkan platform Amazon.

Sejak lulus kuliah hingga tahun 1994, Bezos sejatinya telah memiliki karir yang cemerlang di perusahaan pengelola investasi global yang bernama D.E. Shaw. Akan tetapi, minat besarnya terhadap perkembangan internet membuat ia kepincut untuk memulai bisnis teknologi dengan fokus utama penjualan buku secara daring.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Bezos akhirnya memilih untuk berhenti dari pekerjaannya dan fokus mengembangkan bisnis barunya yang bersifat spekulatif. Usut punya usut, ia ternyata menggunakan Regret Minimization Framework sebelum akhirnya mantap dengan keputusan yang ia ambil.

Teknik meminimalisir penyesalan ala Jeff Bezos tersebut terdiri atas empat langkah yang berkesinambungan, yakni:

    1. Proyeksikan diri Anda pada 10 tahun ke depan setelah keputusan tersebut diambil
    1. Bayangkan Anda melihat ke belakang pada keputusan hari ini
    1. Tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda akan menyesal kalau tidak melakukan hal tersebut
    1. Bertindaklah sesuai jawaban nomor 3
bezos-regret-minimization-framework-768x582

Itulah sebuah tips untuk meminimalisir penyesalan yang diperkenalkan Jeff Bezos. Jika Anda sedang dihadapkan pada pilihan untuk mengambil keputusan-keputusan besar, cobalah teknik di atas dan rasakan bagaimana hasilnya.


Leave a Reply

BOGOR

Kebon Jati Panorama Residence No. 31, Sirnagalih, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

SIDOARJO

Pondok Jati Blok U No. 13, Sidoarjo, Jawa Timur 61226

SOCIAL MEDIA

Follow us on social media to find out the latest updates on our progress.

Copyright © 2022 Panca Olah Institute. All rights reserved.