Pelatihan Pendidikan Karakter Metode Panca Olah bersama Guru SMPN 1 Porong: Berdaya dengan Kolaborasi Antar Sesama Guru

JUMAT, 29 OKTOBER, 2021

Pelatihan Pendidikan Karakter Metode Panca Olah bersama Guru SMPN 1 Porong: Berdaya dengan Kolaborasi Antar Sesama Guru

Pada penghujung bulan Oktober lalu, tepatnya Jumat 29 Oktober 2021, Panca Olah Institute berkolaborasi dengan SMPN 1 Porong mengadakan pelatihan Character Building with Panca Olah Method. Berlokasi di Royal Tretes View and Hotel, pelatihan ini diikuti oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta jajaran guru SMPN 1 Porong.

Mengawali sesi training, peserta terlebih dahulu melakukan senam energi bersama fasilitator dari Panca Olah Institute. Tujuan dari senam energi ini ialah sebagai media agar setiap orang yang ada di dalam ruangan mengikuti pelatihan dengan kesadaran penuh dan kehadiran utuh. Menyelaraskan pikiran, perasaan, dan tubuh sehingga tercipta suasana fokus dan totalitas dalam mengikuti keseluruhan pelatihan.

SMPN 1 Porong

Teknik terapi dan coaching sebagai ciri khas sekaligus keunggulan Panca Olah Institute juga dikedepankan oleh Coach Indra Hanjaya dalam pelatihan ini. Terapi berguna untuk menyembuhkan masa lalu yang menghantui seseorang, sementara coaching ialah jalan untuk memetakan masa depan seseorang berdasar interaksi yang dilandasi pertanyaan-pertanyaan reflektif dan kontemplatif.

Pembicaraan soal karakter tak bisa dilepaskan dari introspeksi atas kekuatan dan kelemahan diri. Di sinilah kemudian perkataan “Barang siapa mengenali dirinya, maka sungguh ia telah mengenal Tuhannya” menemukan relevansinya.

“Karakter adalah akhlak, sedangkan akhlak bisa diibaratkan sebagai pakaian. Pendidikan karakter sebaiknya dilakukan dengan pendekatan inside-out, bukan outside-in. Artinya, perbaikan karakter harusnya dimulai dari dalam, sehingga buahnya akan terlihat dari perilaku yang tampak di luar, ujar Coach Jaya.”

Selain itu, Coach Jaya juga menekankan pentingnya kolaborasi antar guru dalam menghadapi problem yang dihadapi oleh sekolah. “Kolaborasi ini memerlukan adanya sikap saling memahami dan mengerti antar setiap guru. Bagi yang tua, tentu mereka harus memahami para guru muda. Begitu pula sebaliknya, ujar Coach Jaya.”

SMPN 1 Porong

Tak lupa, pembahasan soal pendidikan karakter pastilah tidak tuntas tanpa membahas konsep Panca Olah yang menjadi pembeda antara Panca Olah Institute dengan lembaga training lainnya. Sinergi antara Olah Pikir, Olah Hati, Olah Rasa, Olah Raga, dan Olah Karsa itulah jalan utama untuk menjadi pribadi yang paripurna dalam kehidupan nyata.


Leave a Reply

BOGOR

Kebon Jati Panorama Residence No. 31, Sirnagalih, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

SIDOARJO

Pondok Jati Blok U No. 13, Sidoarjo, Jawa Timur 61226

SOCIAL MEDIA

Follow us on social media to find out the latest updates on our progress.

Copyright © 2022 Panca Olah Institute. All rights reserved.