Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMP Hang Tuah 6 Excellent bersama Panca Olah Institute: Menjadi Pribadi yang Berkarakter, Terampil Berkomunikasi, dan Memiliki Model Kepemimpinan yang Otentik

RABU, 24 NOVEMBER, 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMP Hang Tuah 6 Excellent bersama Panca Olah Institute: Menjadi Pribadi yang Berkarakter, Terampil Berkomunikasi, dan Memiliki Model Kepemimpinan yang Otentik

Memungkasi pelantikan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2021/2022, SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda Sidoarjo menggandeng Panca Olah Institute untuk melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) selama dua hari penuh pada tanggal 23 – 24 November 2021 di lingkungan sekolah.

Kegiatan LDKS ini sendiri diikuti oleh pengurus baru OSIS dan Student Discipline Commission (SDC). Diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Irra Fatukawati, S.Si., M.Pd. selaku Kepala SMP Hang Tuah 6 Excellent, beliau mengimbau kepada para peserta LDKS untuk mengikuti keseluruhan rangkaian acara dengan serius dan totalitas.

Sebelum memasuki sesi utama pelatihan, para siswa terlebih dahulu melakukan senam energi, dengan dipandu oleh fasilitator dari Panca Olah Institute. Kegiatan ini menjadi standar yang diterapkan oleh Panca Olah Institute agar peserta training mampu mengikuti jalannya kegiatan secara sadar penuh dan hadir utuh.

Hari pertama LDKS diisi dengan pembekalan materi tentang karakter. Pendidikan karakter yang ditekankan oleh Coach Jaya, seorang Spiritual Life Coach dari Panca Olah Institute, menggunakan pendekatan inside-out.

Maknanya, hal-hal yang perlu diperbaiki terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai usaha untuk meraih kesuksesan ialah apa yang ada di dalam diri manusia itu sendiri. Berdamai dengan diri sendiri, serta menerima secara penuh anugerah yang telah diberikan Tuhan ke dalam pribadi setiap orang.

SMP Hang Tuah 6 Excelent

Dengan teknik coaching, Coach Jaya mengajak siswa-siswi untuk merefleksikan beberapa pertanyaan yang penting untuk dijawab agar mereka tidak salah dalam menentukan arah hidupnya ke depan.“Mengetahui kekuatan dan kelemahan kita akan membantu kita untuk memetakan masa depan kita," ucap Coach Jaya.

Selain itu, memahami jawaban yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan besar, kuat, nan agung yang ada akan membuat kita mengerti apa sebetulnya makna keberadaan seseorang itu di dunia. Mengemban tugas sebagai manusia berarti memikul sebuah visi dan misi yang perlu diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bagian dari praktik dari sesi Character Building with Panca Olah Method, pengurus OSIS dan SDC diajak oleh Coach Jaya untuk menuliskan apa yang menjadi impian mereka di satu buku khusus yang akan menjadi pegangan mereka. Menuliskan impian menurut Coach Jaya berdampak besar untuk membantu merealisasikan apa yang menjadi harapan dan cita-cita setiap orang di dalam hidupnya.

“Saya telah membuktikan dan mengalami sendiri bagaimana menulis impian bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan cita-cita. Dulu saya pernah menulis sebuah impian pada tahun 2011 untuk mendirikan lembaga dan tempat praktik pribadi saya dalam lima tahun ke depan. Hasilnya, pada tahun 2016 apa yang saya tuliskan itu benar-benar menjadi kenyataan, hanya selisih lima hari dari tanggal saya menuliskan impian tersebut,” pungkas Coach Jaya.

SMP Hang Tuah 6 Excellent

Sesi kedua pelatihan LDKS diwarnai dengan materi tentang komunikasi secara efektif. Peserta pelatihan didampingi oleh Coach Jaya diajak untuk praktik terlebih dahulu soal konsep dasar dalam berkomunikasi.

Mulai dari intonasi suara, bahasa tubuh, tatapan mata, hingga teknik berbicara. Hal ini menjadi penting karena terdapat cukup banyak siswa yang belum percaya diri untuk berbicara di depan umum.

SMP Hang Tuah 6 Excelent

Lebih lanjut, hari kedua LDKS OSIS SMP Hang Tuah 6 Excellent dilanjutkan dengan pemantapan materi Effective Communication Skill. Di tengah pembahasan materi, acara LDKS dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memantau dan memberikan sedikit arahan bagi peserta pelatihan.

Perkembangan teknologi membawa beberapa tantangan bagi semua orang. Era VUCA hingga Industri 4.0 menjadi hal yang perlu disikapi dengan baik, agar kita sebagai bangsa Indonesia tidak ketinggalan oleh negara-negara lain di luar sana.

SMP Hang Tuah 6 Excelent

Pasca materi komunikasi efektif, para siswa mendapatkan materi dan praktik secara langsung tentang bagaimana menjadi pemimpin yang otentik (Becoming Authentic Leader). Dikemas dalam bentuk experiential learning, pengurus OSIS dan SDC dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan aktivitas di luar ruangan. Beberapa permainan juga dilangsungkan untuk membentuk kesolidan dan kerja sama yang baik antar pengurus.

Rangkaian LDKS selama dua hari ditutup dengan refleksi dan pemrograman untuk menyelaraskan kekompakan tim. Seluruh siswa mengikuti dengan khidmat dan saksama. Di akhir sesi, Coach Jaya berpesan kepada pengurus OSIS dan SDC terpilih untuk menjalankan amanah yang diberikan dengan amanah dan penuh tanggung jawab.

SMP Hang Tuah 6 Excelent


Leave a Reply

BOGOR

Kebon Jati Panorama Residence No. 31, Sirnagalih, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

SIDOARJO

Pondok Jati Blok U No. 13, Sidoarjo, Jawa Timur 61226

SOCIAL MEDIA

Follow us on social media to find out the latest updates on our progress.

Copyright © 2022 Panca Olah Institute. All rights reserved.