Kuatkan Internal Tim, PT. Bangunpapan Idaman Adakan Program Team Building bersama Panca Olah Institute

SENIN, 15 AGUSTUS, 2022

Kuatkan Internal Tim, PT. Bangunpapan Idaman Adakan Program Team Building bersama Panca Olah Institute

Dalam rangka penguatan tim, PT. Bangunpapan Idaman berkolaborasi dengan Panca Olah Institute mengadakan program Team Building bertemakan "One Team, One Dream" selama dua hari, tepatnya pada tanggal 13 - 14 Agustus 2022 di Grand Cempaka Resort and Convention, Bogor.

Agenda ini diikuti olah karyawan internal PT. Bangunpapan Idaman, termasuk dihadiri oleh jajaran pimpinan perusahaan. Selama dua hari berkegiatan, mereka mendapatkan penguatan dalam aspek spiritual, emosional, intelektual, hingga fisikal sebagai bekal untuk membentuk suasana kerja yang sehat dan optimal bagi perusahaan.

Di hari pertama, semua peserta program team building mendapatkan materi penguatan spiritual bersama KH. Nurul Huda, Pengasuh Pondok Pesantren Qalbun Salim Ciawi Bogor. Beliau berpesan bahwa esensi dari semua yang ada dalam hidup ini ialah kesadaran.

"Kesadaran akan menentukan kadar kebahagiaan, kadar ketenangan, dan kadar-kadar lain yang akan kita dapatkan dalam kehidupan," ujar Kiai Nurul.

Kesadaran yang dimaksudkan di sini ialah kesadaran akan majelis ruang dalam, atau dengan bahasa lain bisa disebut dengan kesadaran ketuhanan. Salah satu hal yang perlu disadari oleh manusia ialah bahwa pada hakikatnya kita adalah makhluk spiritual yang sedang menjalani peran sebagai manusia, bukan sebaliknya.

PT. Bangunpapan Idaman

Lebih lanjut, Kiai Nurul juga menekankan bahwa sejatinya manusia berasal dari cahaya Allah. Tubuh fisik yang menopang kita dalam kehidupan di dunia ini hanyalah alat, karena suatu saat ia juga akan menjadi kenangan. Oleh karenanya, hendaknya kita menyadari siklus tersebut, sehingga bisa melalui dan menjalani setiap alur kehidupan dengan baik.

Untuk itu, beliau mengingatkan perlunya setiap orang untuk menyinkronkan antara apa yang ada dalam hati dengan apa yang terlintas di pikiran. Tak cukup di situ, kita juga harus menyinkronkan apa yang kita ucapkan dengan tindakan yang kita ambil.

Dengan menyelaraskan keempat hal di atas, maka setidaknya kita bisa menjadi orang yang apa adanya, bukan bersikap palsu dan menghiasi diri dengan topeng-topeng yang membelenggu diri.

Tak lupa, Kiai Nurul juga mengingatkan bahwa misi hidup manusia di dunia adalah meneruskan misi yang telah diemban oleh para nabi dan rasul terdahulu, khususnya Rasulullah saw untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam serta menyempurnakan akhlak yang baik bagi manusia.

Pada kesempatan itu, beliau juga mengajak para karyawan PT. Bangunpapan Idaman untuk memperbesar ikhtiar majelis ruang dalam, karena secara persentase majelis ruang dalam mempunyai 90 persen untuk menunjang keberhasilan dalam hidup kita, sedangkan majelis ruang luar hanya mempunyai porsi maksimal sebesar 10 persen.

Sementara itu, pada hari kedua program team building bersama Panca Olah Institute, para peserta diajak untuk beraktivitas secara bersama di luar ruangan dengan konsep outbond dan game kelompok yang dirancang untuk membentuk kesolidan dan kekompakan tim.

Di samping itu, aktivitas tersebut juga berfungsi untuk menyegarkan pikiran para karyawan PT. Bangunpapan Idaman, sehingga dengan itu mereka bisa kembali merefleksikan apa hal yang bisa dioptimalkan lebih jauh berkaitan dengan kinerja mereka di perusahaan.

Dua hari momen kebersamaan inilah yang menjadi tonggak bagi semua peserta yang merupakan karyawan PT. Bangunpapan Idaman untuk menyeleraskan cita-cita dan harapan yang dimiliki oleh semua orang dalam satu kesatuan tim di bawah naungan perusahaan.


Leave a Reply