Kelas Eksklusif Memilih Jalan Hening: Menempuh Keheningan Menuju Kebeningan Diri

KAMIS, 7 APRIL, 2022

Kelas Eksklusif Memilih Jalan Hening: Menempuh Keheningan Menuju Kebeningan Diri

PancaOlah.com- Rabu (6/4), Panca Olah Institute mengadakan kelas eksklusif bertajuk Memilih Jalan Hening dengan tujuan untuk memberikan penguatan aspek emosional dan spiritual bagi setiap manusia yang ingin mentransformasikan dirinya menuju pribadi yang holistik.

Kelas ini merupakan pengantar dan salah satu rangkaian materi dari program besar berjudul Meta Healing Retreat yang akan diselenggarakan secara luring pada bulan Juli 2022 di Kota Yogyakarta nantinya.

Tak kurang dari 30 orang dari berbagai daerah dan latar belakang, mulai dari dokter, tenaga kesehatan, perawat, karyawan, profesional, hingga mahasiswa, mengikuti kelas eksklusif bersama Coach Indra Hanjaya tersebut.

Memilih Jalan Hening

Dimulai selepas waktu salat tarawih, kelas diawali dengan pemutaran video reflektif mengenai pandemi Covid-19 dan dampaknya bagi manusia, baik dari segi fisikal, intelektual, emosional, serta spiritual. Menurut Coach Jaya, pandemi selama dua tahun terakhir telah menyebabkan pegeseran intelektual, kerusakan mental, dan menurunnya nilai spiritual.

Meskipun demikian, Founder Panca Olah Institute tersebut menyatakan bahwa pandemi bisa dimaknai sebagai momen untuk memulai perjalanan ke dalam diri manusia melalui itu sendiri. "Dengan memilih dan kemudian menempuh jalan keheningan, seseorang akan bisa mencapai kebeningan dirinya," terang Coach Jaya.

Hal itu bisa ditempuh dengan metode mengasingkan diri (uzlah) dan menyendiri (khalwat) yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengantisipasi distorsi pemaknaan akan pengasingan diri, sosok yang juga seorang Spiritual Life Coach tersebut menerangkan bahwa mengasingkan dalam hal ini bukanlah meninggalkan keluarga dan anak serta aktivitas duniawi, melainkan dengan tidak melekat kepada dunia dan segala hiruk-pikuknya.

Memilih Jalan Hening

Setelah itu, Coach Jaya mengajak seluruh peserta kelas Memilih Jalan Hening untuk memikirkan dan merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan besar yang sering muncul dalam benak setiap orang, mulai dari siapa kita, dari mana kita, hingga mau ke mana kita.

Memasuki sesi utama, Coach Jaya kemudian membeberkan dengan gamblang beberapa materi inti bagi seseorang yang ingin bertransformasi diri, seperti berdamai dengan diri sendiri, menyadari realitas keberadaan, membuka pintu kesuksesan, hingga meraih cinta dan pelukan Tuhan.

"Kunci kesuksesan sebenarnya sangatlah sederhana. Pertama, ialah sikap tenang. Kedua, yakni perasaan senang. Jika ketenangan dan kesenangan ini sudah terinternalisasi di dalam diri, maka kemenangan akan dapat diraih dengan mudah," ungkap Coach Jaya.

Mengenai ketenangan, Coach Jaya menjelaskan bahwa di berbagai kitab suci dan ajaran agama disebutkan bahwa Tuhan akan memanggil orang-orang yang memiliki ketenangan jiwa untuk meraih kemenangan.

Adapun soal kesenangan, riset dari Emma Seppala, Ph.D. dalam bukunya yang berjudul The Happiness Track: How to Apply The Science of Happiness to Accelerate Your Success mengungkap bahwa kebahagiaan merupakan jalur cepat untuk meraih kesuksesan, bukan sebaliknya dengan sukses dulu, baru bahagia.

Memilih Jalan Hening

Paparan materi tentang Memilih Jalan Hening kemudian diakhiri dengan pelaksanaan sesi terapi pemulihan jiwa yang dipandu langsung oleh Coach Jaya, seorang Professional Therapist yang telah berpengalaman di bidangnya selama belasan tahun.

Antusiasme peserta yang tinggi membuat sesi tanya jawab terasa hidup dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan problem aktual masyarakat modern hari ini. Di akhir sesi, pembawa acara memberikan tantangan kepada seluruh peserta kelas dengan hadiah berupa sesi personal coaching gratis senilai tiga juta rupiah bersama Panca Olah Institute.


Leave a Reply

BOGOR

Kebon Jati Panorama Residence No. 31, Sirnagalih, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

SIDOARJO

Pondok Jati Blok U No. 13, Sidoarjo, Jawa Timur 61226

SOCIAL MEDIA

Follow us on social media to find out the latest updates on our progress.

Copyright © 2022 Panca Olah Institute. All rights reserved.